Rabu, 18 Januari 2012

FBI (Bukan Asal Nama)

Mungkin dari nama Saja, Banyak orang-orang yang berTanya Apa Sie >>FBI<<. Akan Saya Jelaskan FBI itu Apa??? Tapi sebelumnya Saya Ucapkan Alhamdulillah Atas Ijin Allah swt Kegiatan ini Akhirnya Terbentuk dengan Tujuan Sosial. Gagasan atau kegiatan ini awalnya terbentuk dari sharing bersama teman – teman yang mungkin sudah sibuk dengan kegiatan dunia kerja. Kalau FBI yang kita sering dengar atau kita liat adalah FEDERAL BUREAU OF INVESTIGATION (tau kan ini nama lembaga milik Sapa??) hehehe. Nah FBI yang kita bentuk ini lebih dasyat manfaatnya,,Karena Apa??? Kegiatan ini sangat bermanfaat buat kita di dunia maupun di akhirat.
Daripada semakin penasaran dengan FBI yang saya Maksud!!!. Yups FBI Kepanjangan dari FOOD BANK INDONESIA. Kegiatan ini kita bentuk karena kita sadar sebagai rakyat Indonesia dan kewajiban kita saling Membantu atau menolong sesama manusia lainnya. Kegiatan ini berbentuk sosial, untuk penyalurannya dalam bentuk sembako dari HOME TO HOME (kita peruntukkan bagi yang benar2 layak menerimanya). Untuk penyaluran dana kegiatan ini dengan lewat transfer uang ke rekening bank. Rekening tersebut Kita buat Khusus untuk kegiatan ini dan siapa Saja boleh untuk menyisihkan rejekinya ke FBI ini. FBI ini untuk melakukan kegiatannya itu 3 bulan sekali dalam penyaluran sembako HOME TO HOME. Sasarannya PUN sudah kita targetkan ke tempat-tempat yang layak menerimanya.
Satu Hal yang mungkin saya tulis untuk kalian ingat. JANGANLAH BERTANYA KEPADA PEMERINTAH, APA YANG SUDAH DI PERBUAT UNTUK NEGERI INI. TAPI KITA HARUS BERTANYA PADA DIRI KITA, APA YANG SUDAH KITA PERBUAT UNTUK NEGERI INI. Mungkin dari kata-kata inilah kami jadi termotivasi untuk membentuk Kegiatan FBI ini. Anggotanya pun dari beraneka ragam suku-suku yang ada di Indonesia. Inilah nomor Rekening Bank FOOD BANK INDONESIA (7031274006 ATAS NAMA SURYANTI BSM Mandiri KCP Margonda). Kalau yang mau gabung silakan join di FB (ada groupnya di situ), Kami terbuka untuk siapa saja yang mau jadi anggota FOOD BANK INDONESIA.

Jumat, 28 Mei 2010

senin yang seru

Teriknya matahari begitu luar biasa panasnya, tapi bagi saya dan teman-teman saya bukan lah suatu hambatan untuk kita ke Bursa Efek Indonesia. Pada hari senin tanggal 24 Mei 2010 kita berempat pergi ke BEI untuk cari data buat skripsi kita. Tepat jam 12 siang kita sampai di BEI, dari empat orang diantara kita Cuma satu yang sudah pernah ke BEI tapi tetap saja dia lupa-lupa ingat lah. Sedangkan yang bertiga lagi merupakan baru pertama kali ke BEI. Tiba di BEI kita berempat tidak langsung masuk ke dalam BEI nya tapi kita solat terlebih dahulu ke mesjid yang ada di seberang jalan gedung BEI. Setelah kita berempat selesai solat, kita pun langsung menuju ke gedung BEI.

Untuk mencari data buat skripsi makanya kita langsung masuk ke ruangan yang khusus untuk data-data berbagai perusahaan yang ada di Indonesia. Rak datanya lumayan banyak dan buat pusing juga, karena box-boxnya tidak beraturan taruhnya. Kadang box yang berdasarkan huruf tidak sesuai dengan Rak yang berdasarkan huruf tersebut. Makanya kita harus teliti satu per satu untuk cari data perusahaan yang kita cari. Kalau di BEI juga menyediakan akses internet dengan dikenakan biaya kalau 1 jam itu 7000 ribu rupiah, kalau 30 menit itu 3000 ribu rupiah. Untuk yang mau fotokopi data perusahaan yang kita cari juga bisa kita fotokopi di BEI dikenakan 1 lembar fotokopi itu 400 rupiah. Wah bagi saya dan teman-teman biaya internet dan fotokopi di BEI sangatlah mahal sekali, tapi bagaimana lagi mau tidak mau kita harus siapkan uang yang lumayan banyak kalau mau cari data langsung ke Gedung BEI.

Waktu menunjukkan jam 4 sore itu merupakan waktunya kita harus keluar dari ruangan itu. Karena kita juga belum solat ashar jadi kita ke mesjid yang tadi kita solat zuhur. Tapi kita memang tidak tahu ada pengumuman kalau mau solat di mesjid tersebut itu ada waktunya. Ini baru pertama kali saya temukan mesjid seperti ini, ternyata mesjid tersebut hanya di buka pintunya bila Setengah jam sebelum azan dan Setengah jam sesudah solat. Jadi mesjid tersebut hanya di buka pintunya selama 1 jam saja, kalau lewat dari waktu tersebut makanya pintunya dikunci. Karena kita datang ke mesjid tersebut jam 4 lewat, makanya kita tidak bisa masuk ke mesjid itu. Alhasil kita pun jalan kaki selama satu jam hanya untuk mencari musholla ataupun mesjid yang ada di sekitar jalan tersebut. Tapi sepanjang kita jalan tidak ada mesjid maupun mushollah yang kita temukan. Akhirnya tanpa kita sadari ternyata kita jalan kaki dari BEI Ke plaza semanggi. Jadinya kita mampir ke plaza semanggi untuk solat ashar, walaupun kita muter-muter untuk cari mushollanya, alhamdulillah ketemu juga mushollanya, akhirnya bisa menunaikan solat ashar. Pengalaman yang sangat luar biasa buat saya dan tidak akan terlupakan selamanya hehehehe.

Rabu, 26 Mei 2010

Reboil

Ini merupakan bukan kumpulan orang-orang yang seperti gank,,tapi ini sebuah nama untuk kelas tingkat dua waktu di kampus yaitu 2 EB01 sampai dengan tingkat empat kelas ini merupakan kelas yang begitu baik orang-orangnya. Reboil ini berdiri sejak tahun 2007 semester tiga. Awal semester tiga ini lah kita bertemu satu sama lain dan saling mengenal. Mula-mulanya kenapa kita sebut REBOIL, itu bermula di saat kita sekelas membuat kaos untuk kelas kita yaitu dengan tulisan REBOIL merupakan singkatan dari Illuminate 2 EB01 lunatics – an effort to unite us. Yang membuat tulisan ini adalah teman saya yang bernama resha.

Kita buat kaos untuk kelas kita bukan karena sesuatu hal, tapi kaos ini hanya untuk kenangan buat kita nanti supaya kita tetap ingat masa-masa kuliah. Pada tahun 2008 tanggal 1 Februari sampai dengan tanggal 3 Februari ini lah awal kita untuk liburan bersama. Kebetulan liburan semester 5 ini lah kita berlibur ke daerah Cilember dan untuk pertama kali buat kita yaitu camping di daerah yang begitu indah dan bagus. Liburan di Cilember merupakan liburan yang begitu berkesan buat saya, karena banyak sekali pelajaran yang saya dapat waktu camping, selain kompak satu sama lain dan kita juga merasakan bagaimana tidur di tenda hanya beralas plastik serta di iringin oleh hujan yang begitu besar, dengan lampu tempel berbahan minyak tanah dan pokoknya banyak sekali pelajaran atau hikmah di balik liburan di Cilember.

Selain itu kita juga ada kegiatan yang namanya belajar bareng di kampus yaitu pada saat kita mau ujian ataupun ada tugas, kita selalu bersama untuk membahas soal-soal matakuliah. Kita itu juga ada kegiatan berolahraga bersama yaitu olahraga badminton di dekat kampus, biasanya kita maen 1 bulan beberapa kali. Selain kita beraktivitas dengan belajar di kampus kita juga berolahraga supaya tubuh kita juga sehat dan baik. Pada tahun 2010 kita liburan bersama tepatnya pada tanggal 1 -7 Februari 2010 yaitu ke daerah Jogjakarta. Ini merupakan liburan yang kedua untuk bersama-sama, liburan kali ini juga banyak sekali pelajaran yang kita dapat, baik hikmahnya serta kita juga menambah wawasan kita tentang wisata-wisata yang ada di Jogjakarta.

Kita tidak hanya belajar, olahraga dan jalan-jalan tapi kita juga membuat suatu gagasan yaitu menyisihkan uang untuk beramal kepada yatim piatu. Insya allah kegiatan ini akan berjalan mulai hari ini dan seterusnya, walaupun kita nanti sudah tidak kuliah lagi (lulus tahun ini), mudah-mudahan tetap berjalan kegiatan ini sampai nanti. Alhamdulillah,,saya bersyukur sekali karena doa saya dikabulkan oleh allah swt yaitu Memiliki teman-teman yang baik,,pintar dan juga soleh dan soleha, saya hanya bisa bersyukur kepada allah swt karena dipertemukan dengan mereka.

Untuk sahabat-sahabat saya, semoga kita sukses selalu baik di dunia maupun di akhirat serta semoga tahun ini kita semua lulus sidang skripsi amin ya rabbal’alamin…..,Walaupun kita nanti sibuk dengan karier kita, tapi silaturahmi kita tetap kita jaga sampai nanti. Kata- kata di bawah ini merupakan sebuah kata yang saya lukiskan untuk sahabat REBOIL

“Betapa pilunya hati, menghadapi perpisahan ini’

“Pahit Manis Perjuangan, telah kita rasakan bersama”

“Semoga Allah Meridhoi Persahabatan dan Perpisahan ini”

“Teruskan Perjuangan Kita Sahabat-sahabatKu”

“Semoga kita semua menjadi manusia yang berguna baik untuk diri sendiri, kedua orangtua maupun untuk orang lain”

Selasa, 06 April 2010

Paket Berisi Pistol Gegerkan Kantor Pos Yogyakarta

Sebuah paket yang berisi pistol menggemparkan Kantor Pos Besar Yogyakarta. Paket yang terbungkus dalam kotak hitam dan dibungkus dengan kertas warna coklat tersebut, dikirim oleh salah seorang warga Depok Sleman Yogyakarta dan rencananya dikirim ke Sumatra Utara. Paket tersebut langsung diamankan oleh petugas dari poltabes Yogyakarta.
Selasa (6/4/2010), suasana di Kantor Pos Besar Yogyakarta gempar dengan adanya paket senjata api jenis pistol yang dikirimkan oleh warga Depok Sleman Yogyakarta dan akan dikirimkan ke Sumatra Utara. Petugas kantor pos langsung melaporkan temuan tersebut ke polisi, dan barang bukti tersebut dibawa ke mapoltabes Yogyakarta.

Paket berisi senjata api tersebut diketahui, ketika petugas kantor pos membawa sejumlah paket ke bandar udara Adi Aucipto Yogyakarta untuk dikirimkan sesuai dengan alamat yang dituju. Namun ada satu paket yang dikembalikan oleh petugas kargo bandara. Karena berdasarkan alat deteksi, isi paket tersebut berupa senjata api. Padahal dalam resi pengiriman, paket tersebut didaftarkan berisi spare part sepeda motor. Sebab berdasarkan peraturan kantor pos, segala macam jenis senjata api dilarang dikirim melalui pos.

Di Mapoltabes Yogyakarta, paket tersebut dibuka dan diteliti apakah benar berupa senjata api jenis pistol. Setelah dilakukan pemeriksaan oleh petugas poltabes Yogyakarta, ternyata pistol tersebut berupa pistol mainan. Namun bentuk dan berat pistol yang mirip jenis FN tersebut, seperti pistol sungguhan. Pistol mainan yang sangat mirip pistol sungguhan tersebut, diduga barang impor ilegal. Saat ini, polisi tengah mengusut asal-usul pistol mainan tersebut.

Pramugari Air Comet Protes Dengan Bugil

Air Comet (sebelumnya Air Plus Comet) merupakan sebuah maskapai penerbangan yang berbasis di Madrid, Spanyol. Maskapai ini mengoperasikan penerbangan jarak jauh dari Madrid menuju 13 kota di Amerika Selatan dan Amerika Tengah, juga Eropa. Basis utamanya terletak di Bandar Udara Internasional Madrid Barajas, Terminal 1. Pramugari / karyawan Air Comet berpose seksi untuk kalender sangat menghebohkan berbagai sumber berita diinternet maupun lainnya saat ini. Pramugari atau karyawan Air Comet berpose seksi tersebut bukan karena alasan. Karena kekecewaan terhadap gaji mereka yang selama sembilan bulan belum dibayar perusahaan maskapai penerbangan Air Comet tersebut.

Pramugari Air Comet

Para karyawan ini sengaja berposes seksi dengan latar pesawat agar menarik perhatian pemimpin perusahaan yang mengelola Air Comet. Aksi heboh ini tentu mendapat perhatian media massa Spanyol. Aksi para karyawan yang aduhai ini pin menghiasi halaman-halaman surat kabar setempat. Dalam aksi itu, beberapa pramugari yang menjadi model tampil sangat atraktif, bahkan provokatif.

“Kami meminta kejelasan hak kami yang belum dibayar selama 8-9 bulan,” kata Adriana Ricardo yang ikut tampil dengan foto seksi.

Air Comet merupakan perusahaan milik Gerardo Ferran. Perusahaan tersebut bangkrut setelah Pengadilan Inggris memberikan sanksi larangan terbang pada sembilan pesawatnya atas permintaan bank asal Jerman HSH Nordbank.

Konsep Manajemen Strategis


1. Pengertian Strategi

Adalah Ilmu dan Seni yang menggunakan kemampuan bersama sumber daya dan lingkungan secara efektif yang terbaik. Terdapat empat unsur penting dalam strategi yaitu Kemampuan, Sumber daya, Lingkungan dan Tujuan.Sedangkan pengertian Strategi oleh Gerry Johnson dan Kevan Scholes (dalam bukunya “ Exploring Corporate Strategy”) mendefinisikan strategi sebagai arah dan cakupan jangka panjang organisasi untuk mendapatkan keunggulan melalui konfigurasi sumber daya alam dan lingkungan yang berubah untuk mencapai kebutuhan pasar dan memenuhi harapan phak yang berkepentingan (stakeholder).

2. Pengertian Manajemen Strategis

Manajemen strategis adalah proses untuk membantu organisasi dalam mengidentifikasi apa yang ingin mereka capai, dan bagaimana seharusnya mereka mencapai hasil yang bernilai. Besarnya peranan manajemen strategis semakin banyak diakui pada masa-masa ini dibanding masa-masa sebelumnya. Dalam perekonomian global yang memungkinkan pergerakan barang dan jasa secara bebas diantara berbagai negara, perusahaan-perusahaan terus ditantang untuk semakin kompetitif. Banyak dari perusahaan yang telah meningkatkan tingkat kompetisinya ini menawarkan produk kepada konsumen dengan nilai yang lebih tinggi, dan hal ini sering menghasilkan laba diatas rata-rata (Michael A. Hitt & R. Duane Ireland & Robert E. Hoslisson (1997,XV) . Dengan menggunakan manajemen strategis, perusahaan akhirnya dapat memahami kekuatan bersaing dan mengembangkan keunggulan kompetitif berkelanjutan secara sistematis dan konsisten.

3. Tantangan Manajemen Strategis

Memiliki daya saing strategis dan laba diatas rata-rata adalah tantangan untuk perusahaan sebesar AT&T dan kecil seperti halnya sebuah toko. Menurut fakta hanya 2 dari 25 perusahaan industri besar di Amerika Serikat di tahun 1900 yang masih bertahan didalam persaingan bisnis (23 sisanya telah gagal, bergabung/merger dengan perusahaan lainnya atau tidak lagi memiliki skala yang relatif besar dibandingkan dengan pesaingnya).

Baru baru ini, Andrew Grove, pimpinan Intel, mengamati bahwa hanya perusahaan paranoid yang dapat bertahan dan berhasil. Perusahaan-perusahaan ini menyadari bahwa keberhasilan saat ini tidak menjamin tingkat daya saing strategis dan laba diatas rata-rata dimasa mendatang. Karenanya perusahaan-perusahaan ini berusaha terus menerus untuk berkembang, sehingga tetap bersaing. Supaya dapat bersaing secara strategis dan memperoleh laba diatas rata-rata, perusahaan harus bisa bersaing dengan cara yang berbeda dengan kondisi sebelumnya.

4. Model Berbasis Sumber Daya

Michael A. Hitt & R. Duane Ireland & Robert E. Hoslisson (1997,18) mengatakan, terdapat beberapa model penting yang ditunjukkan untuk menggambarkan input strategis bagi langkah suatu perusahaan, dan salah satu diantaranya adalah model berbasis sumber daya untuk profitabilitas tinggi. Model ini mengasumsikan bahwa tiap organisasi merupakan kumpulan sumber daya dan kemampuan unik yang merupakan dasar untuk strategi dan sumber utama profitabilitasnya. Juga diasumsikan bahwa perusahaan memperoleh sumber daya yang berbeda serta mengembangkan kemampuannya yang unik. Karenanya seluruh perusahaan bersaing dalam industri tertentu mungkin tidak memiliki sumber daya atau kemampuan strategis yang sama. Model ini juga mengasumsikan bahwa sumber daya tidak terlalu mudah berpindah antar perusahaan. Perbedaan dalam sumber daya, yang tidak mungkin didapatkan atau ditiru perusahaan lain, serta cara penggunaannya merupakan dasar keunggulan bersaing.

Sumber daya adalah input bagi proses produksi perusahaan, seperti barang, modal, kemampuan para pekerjanya, paten, keuangan dan manajer yang berbakat. Umumnya sumber daya perusahaan dapat diklasifikasikan menjadi tiga katagori, yaitu modal fisik, sumber daya manusia dan organisasi.

Satu jenis sumber daya saja mungkin tidak dapat menghasilkan keunggulan bersaing yang berkesinambungan. Misalnya sepotong mesin canggih hanya dapat menjadi sumber daya yang relevan secara strategis jika digunakan bersama aspek operasi lainnya (seperti pemasaran dan pekerjaan pegawai).

5. Tugas Ahli Strategi Yang Efektif

Kerja keras, analisis yang teliti dan akal sehat merupakan persyaratan keberhasilan seorang ahli strategi. Mantan CEO Apple Computer, John Scully, berusaha tidur satu jam disini dan disana. Dalam menggambarkan kenyataan kerja dalam tahun 1990an, Scully , menyarankan bahwa tidur sepanjang malam adalah ciri jaman agraria dan industrial kuno. “Orang tidak demikian lagi sekarang” katanya “Satu hari adalah 24 jam, bukan hanya jam 8 hingga jam 5”

Selain kerja keras, analisis yang menyeluruh dan akal sehat, ahli strategi yang efektif harus dapat berpikir dengan jernih dan melontarkan banyak pertanyaan. Efektifitas strategi mereka akan meningkat apabila mereka dapat menemukan cara bagi yang lain untuk berpikir dan bertanya mengenai apa yang dilakukan perusahaan dan mengapa. Tetapi khususnya, manajer puncak ditantang untuk “berpikir serius dan mendalam-mengenai tujuan organisasi yang mereka pimpin atau fungsi yang mereka lakukan, mengenai strategi, taktik, teknologi, system dan orang-orang yang diperlukan dalam mencapai tujuan tersebut. Juga pertanyaan penting yang harus selalu ditanyakan. Melalui cara berpikir ini, ahli strategi bersama dengan yang lain, meningkatkan kemungkinan untuk mengidentifikasi ide yang inovatif. Apabila ide ini mengarah pada perkembangan kompetensi inti yang berharga, langka, tidak dapat ditiru dan tidak dapat digantikan, maka ide tersebut akan menjadi dasar untuk menggunakan peluang dalam lingkungan usaha mengejar daya saing strategis diperekonomian global.

Pekerjaan ahli stratgei tidak sederhana, melainkan terdiri dari situasi keputusan yang tidak terlalu jelas-situasi dimana solusi yang paling efektif tidak dengan mudah dapat ditentukan. Bagaimanapun peluang yang ada dari jenis pekerjaan ini menarik. Pekerjaan ini menawarkan peluang yang menarik untuk berkhayal dan bereaksi. Kata-kata berikut diberikan sebagai saran oleh ayahnya kepada Steven J. Ross, mantan Chairman dan co-CEO Time-Warmer, menjelaskan menariknya ahli strategi: “Ada tiga katagori orang-orang yang pergi kekantor, menaruh kakinya diatas meja dan berkayal selama 12 jam; orang yang tiba pada jam 5 pagi dan bekerja 16 jam, tanpa berhenti sekalipun untuk berkhayal; dan orang yang mengangkat kakinya, berkhayal selama satu jam dan kemudian mengerjakan sesuatu mengenai khayalan tersebut” Ahli strategi memiliki peluang untuk berkhayal dan bertindak, dan yang paling efektif dalam memberikan pandangan (khayalan) untuk secara efektif membantu lainnya dalam menciptakan keunggulan bersaing perusahaan yang berkesinambungan.

Senin, 22 Maret 2010

PT. INDOFOOD SUKSES MAKMUR,Tbk

PROFIL PERUSAHAAN

SEJARAH

1990 • Incorporated seperti PT Panganjaya Intikusuma.

1994 • Berubah nama menjadi PT Indofood Sukses Makmur Tbk

• Initial Public Offering dari 763 juta lembar saham di Rp1, 000 nilai nominal per saham, listing di Bursa Efek Indonesia.

1995 • Didapatkan penggilingan tepung Bogasari

1996 • Melakukan sebuah stock split 1:2.

1997 • Acquired 80% ekuitas saham di perkebunan, agribisnis dan perusahaan

distribusi
• Dilakukan sebuah rights issue 1:5 dengan tambahan saham total 305.2 juta

saham

2000 • Melakukan sebuah stock split 1:5
• Dikeluarkan Rp1 triliun Obligasi Seri I

2001 • Memperoleh persetujuan pada pembelian kembali saham skema dan

peluncuran sebuah Rencana Kepemilikan Saham Karyawan (ESOP).

2002 • Diimplementasikan tahap pertama ESOP, melibatkan 228.9 juta saham
• Bought kembali 915.6 juta saham
• Dikeluarkan US $ 280 juta Eurobonds

2003 • Diimplementasikan tahap kedua ESOP, melibatkan 58.4 juta saham
• Dikeluarkan Rp 1,5 triliun Obligasi Seri II

2004 • Menerapkan ESOP tahap III, melibatkan 919.5 ribu saham
• Dikeluarkan Rp1 triliun Obligasi Seri III
• Acquired 80% memegang di sebuah perusahaan karton bergelombang

2005 • Perkembangan perusahaan patungan dengan Nestlé
• Didapatkan perusahaan perkebunan di Kalimantan Barat
• Didapatkan Obligasi Konversi yang dikeluarkan oleh perusahaan pelayaran,

setara dengan 90,9% dari ekuitas

2006 • Early Eurobonds penebusan dari US $ 143.7 million
• Didapatkan 55,0% saham di perusahaan pelayaran Pacsari Pte.
Ltd
• Didapatkan tambahan perusahaan perkebunan di Kalimantan Barat.

2007 • Terdaftar di Agribisnis Group di Bursa Efek Singapura dan ditempatkan

saham baru.

• Issued Obligasi Rp2 triliun Seri IV
• Acquired 60% saham di perusahaan perkebunan dari Rascal Holding Limited
• Berpartisipasi dalam penerbitan izin baru PT Mitra Inti Sejati Perkebunan

saham dan memegang 70% kepemilikan

• Didapatkan ekuitas 64,41% saham di PT PP London Sumatra Indonesia Tbk

2008 Berpartisipasi dalam penerbitan baru PT Laju Perdana Indah saham dan

memegang 60% kepemilikan
• 251.837.500 saham diterbitkan kembali saham treasury dan membatalkan

sisa saham dari 663.762.500 saham perbendaharaan

• Acquired 100% saham Drayton Pte. Ltd yang secara efektif memiliki

68,57% saham di PT Indolakto, perusahaan susu terkemuka

• Acquired 100% saham perusahaan perkebunan dengan fasilitas Bulking

VISI DAN MISI

v Visi

Menjadi Total Food Solutions Company

v Misi

· Untuk terus meningkatkan karyawan kami, proses kami dan teknologi kami.

· Untuk menghasilkan kualitas tinggi, inovatif, dan terjangkau produk yang disukai oleh pelanggan.

· Untuk memastikan ketersediaan produk-produk kami kepada pelanggan domestik dan internasional.

· Untuk memberikan kontribusi pada peningkatan kualitas hidup masyarakat Indonesia dengan penekanan pada gizi.

· Untuk terus meningkatkan stakeholders 'value

STRATEGY MANAJEMEN

DISTRIBUSI

Indofood's Distribusi Group memiliki jaringan distribusi yang paling luas di Indonesia, menembus ke hampir setiap sudut nusantara. Selain produk-produk Indofood sendiri, indoffood juga mendistribusikan produk-produk ke pihak ketiga. Jumlah poin saham telah diperluas secara agresif sejak tahun 2005, memberikan penetrasi yang lebih luas dan lebih dalam efisien melalui rantai pasokan dan pengiriman. Stock poin berlokasi di daerah-daerah dengan kepadatan tinggi gerai ritel, termasuk pasar tradisional, memungkinkan masing-masing titik saham untuk melayani wilayah geografis dekat ditetapkan dalam waktu sesingkat mungkin.

CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY

Indofood Corporate Social Responsibility (CSR) program andalan dari komitmen untuk membantu anggota masyarakat yang lebih luas dan untuk membuat kontribusi yang optimal kepada masyarakat.

Selama tahun 2007 Indofood secara keseluruhan program dikembangkan dan dilaksanakan berdasarkan lima pilar dasar jangka panjang kami CSR filosofi:

· Membangun Human Capital

· Mempertahankan Kohesi Sosial

· Memperkuat Nilai Ekonomi

· Mendorong Good Governance

· Melindungi Lingkungan

SUMBER DAYA MANUSIA

Dengan total tenaga kerja sekitar 62 ribu, Indofood percaya bahwa karyawan adalah salah satu kelompok paling penting dari stakeholder dan unsur penting dalam keberhasilan terus. Perseroan percaya bahwa setiap karyawan memiliki kapasitas untuk berprestasi dan memberikan kontribusi bagi keberhasilan tidak hanya perusahaan, tetapi bangsa itu sendiri.

Indofood akan terus berjuang sepanjang tahun untuk lebih lanjut membina hubungan baik di semua tingkat staf dan manajemen untuk saling menguntungkan. Program pelatihan juga akan bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam rangka untuk membantu semua divisi dalam mempertahankan pangsa pasar dan keuntungan di pasar yang semakin kompetitif. Berbagai program pelatihan akan disajikan dalam setahun, sementara Program Pengembangan Manajerial akan diperluas ke dalam divisi-divisi lain dari perusahaan setelah peluncuran yang sukses di Memasak Minyak & Lemak dan Makanan Bumbu Divisi.

STRATEGI MANAJEMEN PADA ELEMEN MARKETING MIX (4P)

1). PRODUCT

Brand name yang digunakan adalah Indomie. Satu bungkus Indomie standard memiliki massa 85 gram, dan terdapat 2 sachet berisi 5 bumbu-bumbuan yang disertakan, yaitu kecap manis, saus sambal, minyak palm, bubuk perasa dan bawang goreng. Indomie juga tersedia dalam versi jumbo dengan massa 120 gram

Anonim, 2008). Indomie memiliki rasa yang sesuai dengan selera orang Indonesia. Indomie pun selalu berusaha memenuhi keinginan konsumen yang semakin banyak, terbukti dengan semakin bertambahnya variasi produk Indomie, mulai dari mie goreng, mie soup, mie regional (mie dengan variasi rasa sesuai dengan masakan tradisional daerah-daerah Indonesia), mie premium, serta mie jumbo.

2). PRICE

Indomie selain dapat dibeli perbungkus, dapat juga dibeli dengan paket 5 bungkus atau paket 1 kardus berisi 30 atau 40 indomie. Harga Indomie juga sangat murah dan terjangkau bagi semua kalangan masyarakat, di Indonesia, perbungkus indomie dihargai hanya sekitar Rp. 900,- ( Anonim, 2008).

3). PLACES

Group Distribusi Indofood memiliki jaringan distribusi terluas di Indonesia, menembus sampai hampir ke setiap sudut kepualuan. Jumlah titik stok (gudang) semakin diperbanyak secara agresif sejak tahun 2005, sehingga mampu menyediakan penetrasi yang lebih luas melalui rantai suplai dan penghantaran. Gudang stok ditempatkan pada area-area yang memiliki outlet retail yang banyak, termasuk pasar tradisional, sehingga setiap gudang dapat melayani masing-masing area geografis dalam waktu yang sesingkat mungkin (www.indofood.com). Di Yogyakarta agen-agen Indofood juga bekerjasama dalam menyediakan Indomie dengan warung-warung seperti Burjo (warung yang menyediakan bubur kacang hijau dan mie instan/mie goreng sebagai menu utama)

4). PROMOTION

  • Tagline : Indomie Seleraku
  • Iklan : billboard, iklan TV, sponsor acara

· Event : Indomie menggelar ajang membuat lagu ”jingle” untuk pelajar SMA, acara tersebut berjudul Jingle Dare, yang berlangsung pada 24 April 2008.

  • Pembuatan Shop Sign (Spanduk Nama Burjo dengan tema Indomie untuk setiap Burjo di Yogyakarta)

Ditinjau dari aspek product life-cycle, Indomie saat ini berada pada posisi mature, sudah stabil, memiliki brand equity yang sangat kuat sehingga dapat bertahan sebagai Top of Mind merek mie instan. Pada tahap ini Indomie tidak boleh lengah, dalam artian Indomie masih tetap harus mengadakan promosi untuk me-remind customer bahwa Indomie masih exsist, dan selalu berinovasi untuk merejuvenasi produk maupun strategi promosinya. Indomie sempat direbut pangsa pasarnya oleh Mie Sedaap (muncul tahun 2003) sehingga pangsa pasar Indomie menurun, meskipun masih tetap menguasai sebagian besar pasar. Sejak saat itu, menyadari bahwa Mie Sedaap merupakan pesaing yang cukup kuat, Indomie mulai “bangkit dari tidur panjangnya”, Indomie mulai gencar beriklan lagi. Indomie menggunakan endorser artis terkenal seperti 3 Diva, Gita Gutawa, maupun non artis seperti remaja/pelajar. Indomie semakin mengukuhkan bahwa dia masih menjadi mie instan nomor satu di Indonesia. Indomie juga mengadakan acara ”Indomie Jingle Dare” untuk para pelajar SMA yang bertujuan untuk lebih memodernisasi Jingle-nya. Hal ini dimaksudkan untuk lebih meningkatkan brand awareness remaja/pelajar mengenai produk Indomie. Indomie melihat remaja/pelajar sebagai customer masa depan, jadi sejak sekarang Indomie mulai memberikan semacam ”edukasi” mengenai Indomie.

Tentang strategi menghadapi persaingan, Indofood akan menerapkan strategi Mastering The Present, Pre-empting the Future. Strategi ini antara lain fokus kepada organic growth, memanfaatkan competitive advantage melalui scale, scope, span, dan speed. Selain itu akan menjalankan program cost efficiency and cost cutting. Di samping itu tetap melanjutkan segmentasi para konsumennya dengan memperkenalkan produk-produk dengan higher price and higher margin.

STRATEGI KUNCI 3A

Keberhasilan Indomie terus bercokol di urutan teratas Top Brand adalah berkat konsistensi Indomie dalam menjalankan strategi kunci 3A:

a). Acceptability, yaitu rasa Indomie yang sudah bisa diterima di lidah konsumen (Product).

b). Avalaibility, produk Indomie mudah diperoleh dimana saja (Place)

c). Affordability, tercermin dari harga eceran Indomie yag terjangkau (Price)

ANALISIS SWOT

KEKUATAN

1. Keahlian dalam cita rasa Indonesia

2. Produksi rendah biaya

3. Jangkauan distribusi luas

4. Kecepatan dalam menjangkau konsumen

5. Brand yang sudah terkenal

KELEMAHAN

1. Terlalu banyak Brand yang dikeluarkan

2. Terlalu banyak inovasi rasa yang dibuat oleh Indofood

3. Permintaan pasar yang belum terpenuhi

PELUANG

1. Melakukan ekspansi ke luar negeri

2. Melakukan join dengan perusahaan yang memiliki produk yang sejenis

3. Melakukan diversifikasi terhadap produk lain

ANCAMAN

1. Ketatnya persaingan yang dilakukan pesaing dalam hal iklan maupun inovasi

2. Tidak fokus terhadap satu jenis produk