Senin, 26 Oktober 2009

DULU HANCUR, SEKARANG MEMPERBAIKINYA

Pertama saya sekolah adalah di taman kanak-kanak, Tepatnya di TK Al-ikhsan. Waktu TK saya selalu diantar sama ibu, tapi kalau pulangnya saya kadang-kadang suka bareng sama teman saya. Ibu saya masukkan saya di TK Al-ikhsan, supaya saya bisa baca Al-qur’an dan doa-doa yang lainnya. Saya sekolah TK hampir 2 tahun. Setelah itu saya masuk SDN 05 pagi yang merupakan sekolah saya yang penuh warna – warni. Kelas 1 saya jarang masuk, maklum saya suka sakit hehehe. Waktu kelas 3, emm saya kadang-kadang kena cubitan dari bu guru. Dan di kelas 3 ini lah, saya pernah dipukul muka saya sama senior saya. Karena saya menentang senior saya yang suka minta uang kepada saya maupun ke teman-teman saya. Pas malamnya, ibu saya melihat wajah saya yang suka bengkak. Jujur saya takut sekali sama ibu, pasti di Tanya, Kenapa wajahnya?. Kok bisa seperti ini, awalnya saya diam dan air mata saya pun hampir jatuh. Akhirnya, saya jawab juga pertanyaan ibu. Ya sudah saya bilang kepada ibu saya yang sebenarnya terjadi. Ibu saya langsung bilang ke kakak saya untuk melihat ini orang, yang telah pukil saya. Terus kakak saya pun mengawasinya dan mengetahui rumah orang ini. Tapi kakak saya tidak tega sama orang ini, karena orang ini seorang anak yatim. Kakak saya pun tidak jadi marah-marah sama ini orang. Di kelas 5 lebih parah lagi, saya sama teman-teman sekelas di siram pakai air sama wali kelas. Alhamdulillah, kalau saya tidak kena di siram. Kebetulan saya lagi mau ambil penghapus saya yang jatuh. Jadi Cuma meja dan buku-buku yang ada di atas meja yang basah, sedangkan teman-teman saya hahaha,, pada kena siraman air dari wali kelas saya. Jadi mereka pada basah deh bajunya hehehe. Kita di siram sama wali kelas, karena berisik sekali. Maklum saya dan teman-teman pada nyanyi-nyanyi sambil gendang-gendang pakai aqua botol hehehe. Jadi berisik deh, lagian itu juga hari sabtu, dimana kegiatan belajar mengajarnya tidak terlalu sibuk dan ada kegiatan pramuka hehehe. Di kelas 6 saya dapat kelas 6 A dengan wali kelasnya bernama pak Bitner. Saya sering kena pukulan penggaris kayunya hehehe. Karena sering becanda dan tidak bisa diam di dalam kelas saya jadi kena deh.

Setelah 6 tahun sekolah di SDN, saya melanjutkan ke SMPN. Sekolah ini sangat ketat peraturannya. Pokoknya disiplin,saling menghargai dan saling menghormati itu yang sangat saya rasakan selama sekolah di SMPN ini. Kalau sekolah disini tidak boleh bergenk-genk, karena guru-guru disini selalu mengawasinya, dari awal kita masuk sampai berakhirnya kegiatan belajar di sekolah. Pakaian kita harus selalu rapi, termasuk dasi tetap tidak dibuka sampai kita sudah sampai di rumah. Di Kelas 1 saya pernah dapat hukuman dari sekolah. Tidak Cuma saya saja yang kena hukuman dari sekolah, tapi sekelas kita kena hukuman dari sekolah. Saya dan teman-teman sekelas dapat hukuman dari wali kelas yaitu tangan-tangan kita dipukul pakai penghapus kayu. Lumayan sakit lah kalau yang dipukul itu tulang jari-jari tangan kita. Ada teman saya yang menangis karena merasa sakit kena pukulan dari wali kelas. Bukan pukulan tangan saja kita dapat, tapi kita sekelas juga disuruh bawa tepung terigu 1 orang 1 kilogram. Tapi saya, Erni, dan Fian dikenakan masing- masing bawa tepung terigu 3 kilogram. Karena Erni dan Fian yang main tepung terigu waktu pelajaran Bahasa Indonesia. Jadi mereka dipanggil oleh pak Budi, untuk menghadap ke guru piket. Karena mereka sudah membuat kegaduhan di dalam kelas. Mereka sudah menghadap ke guru piket, ditanyalah mereka begini-begitu sama guru piket. Pas pertanyaan siapa yang beli tepung terigu ini?. Pertanyaan inilah yang membuat saya jadi kena hukuman hehehe. Memang saya yang beli tepung terigu itu, karena saya dan teman-teman saya mau mengerjain teman saya yang berulang tahun pada hari itu. Tapi saya dan teman-teman gagal mengerjain ke teman saya yang berulang tahun. Karena gara- gara Erni dan Fian lebih dahulu memainkan tepung terigu itu di dalam kelas. Alhasil kita sekelas jadi kena hukuman dari wali kelas. Saya pun minta maaf kepada teman-teman sekelas, gara-gara saya mereka kena hukuman juga. Tapi teman-teman saya malah bilang kalau bukan saya yang salah dalam tepung terigu itu. Saya dibilang teman-teman kalau saya kan cuma beli saja yang main tepung terigu di dalam kelas itu kan Erni dan Fian jadi mereka lah yang salah. Tapi saya tetap minta maaf kepada teman-teman, walaupun saya tidak memainkan tepung terigu itu di dalam kelas. Dan di kelas 2 pun saya kena hukuman lagi. Masalahnya pun sama seperti di kelas 1 yaitu “ngerjain teman yang berulang tahun”. Tapi kita mengerjainnya sudah di luar sekolah kira-kira 100 meter dari sekolah. Tapi disini saya tidak ikut ngerjain teman yang berulang tahun, saya cuma memberi ucapan selamat kepada teman saya yang berulang tahun. Yang ngerjain itu teman-teman saya, setelah itu saya tidak tahu apa-apa. Tiba- tiba hari senin saya dipanggil ke ruangan guru. Terus saya di tuduh ikut ngerjain teman saya yang berulang tahun. Saya bilang kepada pak Martoyo, memang bapak kata siapa kalau saya ikut ngerjain. Pak Martoyo pun menjawab, saya kata adik kelas kamu, kalau kamu dan teman-teman kamu membuat ulah dijalan. Gara-gara adik kelas ada yang mengadu ke sekolah, akibatnya saya dan 6 teman saya kena hukuman. Lumayan berat lah hukuman ini.Hukuman pertama, saya sama 6 teman saya dipajang di ruangan guru, terus dipajang juga di depan kelas sama wali kelas. Saya masih ingat sampai sekarang yang wali kelas saya bilang “Kamu fitri, saya tidak menyangka kamu peringkat 3 besar di sekolah, tapi kelakuan kamu tidak sebaik prestasi kamu di sekolah, jujur kata-katanya buat saya malu dan sedih sekali sampai airmata saya hampir jatuh.Hukuman kedua, saya dan 6 teman saya kena diskorsing 1 hari dan orang tua saya dan 6 teman saya dipanggil sama sekolah. Hukuman ketiga, saya dan 6 teman saya menulis perjanjian dibuku hitam, buku hitam ini bukan warna bukunya hitam. Tapi buku ini mencatat pelanggaran yang dilakukan siswa-siswi di sekolah ini. Isi perjanjian di buku ini yang saya tulis bersama teman-teman, intinya kalau saya berbuat pelanggaran lagi seperti ini, saya dan teman-teman saya akan di DO dari sekolah ini tanpa hormat. Perjanjian itu disaksikan juga oleh orang tua kita masing-masing dan wali kelas kita dengan materai 6000 kita bertanda tangan di kertas perjanjian itu. Jujur saya dan 6 teman saya menangis, karena kita takut tidak bisa naik ke kelas 3. Saya kena Omelan dari ibu, sampai telinga saya lelah mendengarnya hehehe. Setelah naik ke kelas 3, saya tidak mau lagi buat masalah disekolah ini hehehe. Karena, bagaimana saya bisa bandel di kelas 3, saya kan sudah buat perjanjian sama sekolah kalau saya tidak lagi membuat masalah di sekolah. Tidak ada dipikiran saya sebelumnya, ternyata saya di kelas 3 masuk ke kelas unggulan 1. Orang – orang pada senang bisa masuk kelas unggulan 1 ataupun 2. Tapi bagi saya malah tidak senang masuk kelas unggulan 1 itu. Di otak saya pasti anak-anaknya kutu buku sekali. Terus saya bilang sama pak Aloy, kalau saya mau pindah kelas lain saja. Saya bilang sama pak Aloy,kalau saya itu bandel dan sering sekali saya kena hukuman dari sekolah. Pokoknya saya jelek-jelekkin diri didepan pak Aloy, supaya saya bisa pindah kelas hehehe. Ternyata permintaan saya ditolak sama pak Aloy, katanya yang masuk kelas unggulan 1 ini sudah pilihan anak-anaknya, karena dilihat dari nilai-nilai raport yang selalu meningkat dari kelas 1 sampai kelas 2. Habis itu saya cari cara lain, untuk bisa pindah dari kelas ini yaitu saya mencari teman untuk tukaran kelas. Ada yang mau tukaran kelas, tapi keinginan saya untuk pindah kelas gagal lagi. Karena ditolak sama pihak sekolah, terpaksa saya masuk kelas unggulan itu. Berjalannya waktu ternyata kelas unggulan itu enak dan asyik juga. Selain anak-anaknya pintar dan pengajarnya pun professional alias guru-guru pilihan juga. Di kelas ini setiap pelajaran minimal nilai-nilainya harus 7 koma, itu lah resiko kalau masuk kelas ini hehehe. Setelah lulus dari SMPN ini, ibu saya bangga terhadap saya karena bisa lulus dari SMPN ini. Kata ibu saya memang tidak ada masalah dengan nilai namun kata ibu, saya itu bandel sekali hehehe, si ibu bangga sama saya tapi ada kata-kata “TAPINYA”kamu bandel sekali.

Sebelum saya masuk SMA, saya mendapat wejangan dari ibu,bapak dan kakak saya. Isi wejangan itu, tidak lain adalah kalau lagi di dalam kelas jangan bercanda dan tidak usah berbuat yang aneh-aneh seperti di SMP. Karena ibu saya tidak mau lagi dipanggil oleh sekolah gara-gara kebandelan saya hehehe. Suatu saat musibah terjadi kepada saya, 1 minggu sebelum saya jadi siswa di SMAN 16. Saya mengalamin kecelakaan motor sehingga salah satu tangan saya ada yang patah dan kaki saya pun pada lecet karena kena aspal. Orang tua saya cuma bisa bilang “YA ALLAH” ini anak sebentar lagi mau masuk SMA malah kecelakaan. Setelah sembuh dari sakit karena kecelakaan. Akhirnya saya bisa menginjak sekolah menengah atas yang merupakan pilihan saya sendiri. Maklum dari sekolah TK sampai SMPN, saya harus turuti apa kemauan orangtua saya. Tapi pas saya mau sekolah SMA, saya diberi kebebasan oleh orangtua saya untuk memilih sendiri. Mau sekolah SMA dimana saja yang penting itu pilihan saya sendiri hehehe. Setelah saya kasih tahu kepada orangtua dan kakak saya, kalau saya sekolah di SMAN 16. Ibu saya sebenarnya tidak setuju saya sekolah di situ,karena terlalu jauh dari rumah. Termasuk saudara saya ada juga yang tidak setuju saya sekolah di situ. Tapi saya tetap dengan pilihan saya sendiri yaitu sekolah yang saya pilih hehehe. Saya suka dengan sekolah ini, karena ruangan kelasnya bersih dan banyak tanamannya. Maklum lah dari sekolah TK sampai SMPN, saya bersekolah di tempat yang cinta kebersihan dan keindahan. Karena saya tidak suka kalau ruangan kelas atau lingkungan sekolah banyak debu maupun banyak sampah. Saya sudah lihat-lihat sekolah yang favorit tapi sayang ruangan kelasnya berdebu dan banyak sekali sampah di laci-laci meja belajarnya. Menurut saya bukan education saja yang diunggulkan tapi kebersihan lingkungan sekolah juga harus diprioritaskan nomor satu juga, supaya semua warga sekolah tetap sehat selalu. Makanya saya memilih SMAN 16 yang menurut saya sudah memenuhi syarat-syarat sekolah yang sangat baik untuk menuntut ilmu. Awal masuk SMAN saya mengikuti 3 hari MOS (Masa Orientasi Siswa). Pertama masuk sekolah ini saya harus berangkat setelah solat subuh. Karena rumah saya lumayan jauh dari sekolah ini, jadi harus berangkat pagi sekali biar tidak terlambat dating sekolah. Setiap hari saya pergi sekolah setelah solat subuh dan pulang sekolahnya pun setelah solat ashar. Baru 2 minggu saya menjadi siswa di SMAN ini. Tapi musibah terjadi kepada saya, gara-gara dipaksa sama teman-teman kelas untuk ikut lomba 17 agustusan yang diadakan oleh sekolah untuk menyambut ulang tahun bangsa Indonesia yaitu saya ikut lomba tarik tambang. Jujur saya belum pernah sebelumnya ikut lomba tarik tambang, jadi saya Tanya kepada teman saya, terus bagaimana saya melakukannya, kata teman seperti ini, kamu tarik itu tambangnya sekuat mungkin, pas saya tarik tambang itu sama lawan tambang itu dilepas. Alhasil kepala bagian belakang saya kena batu yang ada dilapangan itu. Setelah itu saya langsung dibawa ke rumah sakit oleh pihak sekolah. Hampir 1 minggu saya tidak masuk sekolah karena musibah ini. Tapi rasa sakit di kepala saya masih terasa kalau lagi kambuh hehehe. Karena musibah ini, ibu saya sangat khawatir sekali sama kondisi kesehatan saya. Akhirnya,,ibu juga melarang saya untuk tidak boleh lagi main bola basket, karena ibu takut sekali kenapa-kenapa dengan kepala saya. Disini saya banyak mengikuti kegiatan sekolah tapi untuk main basket saya tidak ikut. Dari ikut OSIS yang penuh perjuangan, karena yang masuk OSIS ini benar-benar diseleksi. Ada 3 tahap seleksi yang harus diikuti. Tahap 1: teks tulisan,kalau lulus teks tersebut berarti kita bisa ke tahap ke 2. Tahap 2 : 3 hari di luar sekolah untuk mengikuti LDKS ( latihan dasar kepemimpinan siswa), setelah itu baru ke tahap ke 3. Tahap 3 : wawancara sama guru-guru yang dipilih oleh pihak sekolah untuk menyeleksi siswa-siswi yang nantinya menjadi anggota OSIS di sekolah. Setelah lulus dari 3 tahap itu baru deh kita dilantik oleh kepala sekolah. Tidak menyangka saya menjadi anggota OSIS, padahal banyak sekali siswa- siswi yang hebat-hebat dibanding saya. Setelah saya tahu saya jadi anggota OSIS, tapi saya tidak suka sama jabatan saya di OSIS. Karena saya berharap mendapat jabatan di OSIS di SEKBID 4 ( menjadi perwakilan dari anggota PMR). Tapi saya malah mendapat jabatan di OSIS sebagai Sekretaris II OSIS. Wah,,padahal tulisan saya jelek sekali seperti tulisan cacing yang tidak bisa dibaca hehehe. Selain ikut OSIS, saya juga aktif di PMR WIRA 16 sampai sekarang. Awal saya masuk PMR WIRA 16, karena ada keinginan dari saya untuk mencari pengalaman di PMR WIRA 16. Setelah saya mengikuti latihan, pengukuhan dan pelantikan PMR WIRA 16. Dan saya pun berjabat di PMR WIRA 16 sebagai anggota biasa saja waktu saya kelas 1nya. Banyak ilmu yang saya dapat di PMR WIRA 16 terutama masalah dunia kesehatan dan yang lainnya. Setelah kelas 2 saya berjabat sebagai Seksi DIKLAT dan Wakil Ketua PMR WIRA 16. Saya pernah menjadi Ketua PMR WIRA 16 tapi saya mengundurkan diri, karena memang saya tidak suka menjadi Ketua PMR WIRA 16. Ternyata ekskul-ekskul yang pernah saya ikuti Cuma ekskul PMR lah yang membuat saya banyak belajar tentang apa saja. Termasuk 7 prinsip dan tribakti bulan sabit palang merah yang merupakan motto PMR. Setelah saya naik kelas 3,saya tetap aktif di PMR WIRA 16. Karena sekolah menganggap saya masih wakil ketua PMR WIRA 16 hehehe, padahal saya sudah serah jabatan kepada anggota PMR WIRA 16 yang angkatan dibawah saya. Paling sekali-sekali saya masih mengawasi anggota PMR WIRA 16 seperti latihan ataupun kegiatan yang lainnya. Program PMR WIRA 16 yang saya tidak pernah ikuti adalah Donor darah, karena saya sendiri takut sama darah, suntikan dan obat. Makanya saya dibilang sama teman-teman kalau saya adalah anggota PMR WIRA 16 gadungan hehehe. Tapi kalau kegiatan yang lain paling saya selalu ikut seperti ada penataran dari dikmenti maupun dari yayasan kesehatan yang mengundang saya maupun anggota PMR WIRA 16 lainnya untuk ikut serta dalam acara-acara dunia kesehatan. Di kelas 3 saya mengambil jurusan IPS, karena saya ambil jurusan itu hanya mau membuktikan anggapan orang-orang terhadap jurusan IPS yang selalu bernegatif. Banyak orang-orang bilang kalau jurusan IPS itu adalah ikatan pelajar santai, tapi itu salah besar, menurut saya IPS adalah ikatan pelajar sibuk. Karena yang saya rasakan tidak ada yang namanya santai dalam jurusan IPS selalu banyak tugas-tugas yang harus dikerjakan. Tapi orang-orang melihat anak-anak IPS itu seperti santai, sebenarnya anak-anak IPS itu banyak sekali PR atau tugas yang harus dikerjakan. Tapi inilah anak IPS yang tidak memperlihatkan ke orang- orang kalau kita juga sangat sibuk hehehe. IPA maupun IPS merupakan jurusan yang sama-sama sangat berguna buat kita semuanya, jadi jangan pernah menganggap remeh terhadap jurusan IPA maupun IPS. Pokoknya di SMAN banyak sekali pengalaman,wawasan dan kenangan yang saya dapat. Termasuk saya mulai mengurangi sifat bandel saya hehehe.

Setelah lulus dari SMAN, saya disuruh melanjutkan kuliah oleh orangtua saya. Dari SDN sampai SMAN saya selalu bersekolah di tempat negeri, tapi setelah kuliah saya berkuliah di swasta. Karena memang sudah niat saya kalau nanti kuliah mau kuliahnya di perguruan tinggi swasta. Ingin mencoba kalau menuntut ilmu di tempat swasta itu rasanya bagaimana?pikiran saya seperti itu, saya coba deh kuliah di perguruan tinggi swasta yang ada di depok. Padahal banyak sekali perguruan tinggi swasta yang ada di Jakarta, tapi saya tidak mau karena dari SD sampai SMA saya menuntut ilmunya di Jakarta terus. Bosen di Jakarta terus, akhirnya saya lebih memilih kuliah di daerah depok. Sebelum masuk kuliah, malamnya saya berdoa kepada allah swt. Semoga saya mendapatkan sahabat-sahabat yang akhlaknya baik termasuk agamanya juga baik di dalam kampus itu. Alhamdulillah doa saya dikabulkan oleh allah swt, saya mendapatkan sahabat-sahabat yang baik agamanya dan pintar-pintar. Di kampus ini kalau sudah tingkat 2, ada kelas unggulannya. Padahal saya tidak berharap mau masuk kelas unggulan ini. Tapi apa daya, nama saya sudah tercantum di kelas unggulan itu. Seandainya bisa pindah kelas, saya pindah deh hehehe. Karena kelas unggulan ini, orang-orangnya yang mendapatkan IPK 3,5 ke atas, wah ada juga yang IPKnya 4. Awalnya masuk kelas ini, saya malas karena melihat orang-orangnya pintar-pintar dan juga kelihatan jenius. Berjalannya waktu, saya tidak terasa sudah 3 tahun bersama sahabat-sahabat kelas ini. Saya semakin kompak bersama sahabat-sahabat kelas ini. Ternyata selain belajar bareng, kita juga ada kegiatan rutin setiap bulannya yaitu main badminton. Kita ada sebutan untuk kelas ini, namanya adalah REBOIL ( Illuminate 2EB01 lunatics). Di kampus saya tidak ikut apa-apa, Karena saya masih aktif di organisasi PMR WIRA 16 sekolah SMA saya. Sedangkan sahabat-sahabat REBOIL banyak sekali yang menjadi assiten di kampus. Saya bersyukur sekali memiliki sahabat-sahabat seperti mereka. Paling hanya ini saja yang saya ceritakan untuk kegiatan saya dikampus. Tidak banyak kebandelan saya dikampus, karena saya banyak perubahan selama kuliah dibanding waktu saya di SDN, SMPN maupun SMAN. Ini merupakan sebagian kecil cerita tentang diri saya. Dari awal cerita saya belum memperkenalkan diri saya. Nama lengkap : fitri tri diyanti, saya sering dipanggil dengan nama ipit, Tapi ada juga teman-teman saya yang panggil saya dengan sebutan ( iprit, ciput, okem, oneng, tridi,cicak,cepot,stress dan banyak lagi hehehe). Tapi saya menganggapnya dengan santai saja kalau ada yang panggil seperti itu hehehe. Saya itu suka tidur, dengerin musik, emosional tapi dulu kalau sekarang lebih bersabar, suka minum air putih tapi tidak terlalu suka makan hehehe. Dan sifat yang lainnya orang lain yang lebih tahu siapa saya hehehe.

7 komentar:

Yusnita Febri mengatakan...

Huahaha.. gak nyangka Uey.. terntara Ipit Buadung bangeeet yaa.. dulu.
Untung aja sekarang udah insyaf hehe..

Hesti Kusuma Wardani mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
CORAT CORET mengatakan...

nita : hehehe,,,jd ketauan deh klo saya bandel bgt dulunya,,,skrng saya gy berusaha untuk jd mnusia yg lbh baik nie... kakak

hesti : sinyalll,,,jgn smpe lah gw di siram pke air lagi,,,tp klo di siram pke uang sih gpp deh hehehe

Anonim mengatakan...

hahaha... lucu my sister..
bandel gelo...
tp udh jd preman insyaf.. bguslah.. hehehehe

CORAT CORET mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
CORAT CORET mengatakan...

my sister namanya jg manusiawi jd kadang bandel hihihihi.....

aduh my sister..,preman dr mana yg ada gw yg jd korban kakak kls gw hehehe,,gw sih orngnya g suka berantem my sister,,cinta damai dunks hehehe,,klo orng yg suka berantem berarti orang itu kemsuttt hehehehe

rattlecut mengatakan...

wahh pit, enak bgt mos sma lo cuman 3 hari...
sma gw 7 hari ditambah full stressing (ga berhenti2 dimaki2 snior), tidaaaakk!!